Selamat Datang di Form Pesawat

Teman-Teman sudah tahu kendaraan Ini,yang sering mengantarkan kita kesemua daerah.

Inilah Pesawat yang sering dijuluki dengan nama "Si Burung Besi",dan beberapa waktu itu kita dikejutkan ada insiden jatuhnya pesawat Boeing 737 classic Sriwijaya Air (SJ182) dengan register PK-CLC tujuan Jakarta(CGK)-Pontianak(PNK). Seluruh Indonesia heboh dengan dikejutkannya insiden ini,dan ada langsung takut naik pesawat,...Nah,untuk menghilangkan rasa takut itu,teman-teman harus tahu bahwa kecelakaan pesawat adalah kecelakaan paling renda dibandingkan dengan kendaraan lain pada umumnya seperti mobil,kereta,motor,dan sebagainya,dan pesawat ini diciptakan tidak sembarangan karena ribuan sensor ada dipesawat untuk menjaminkan pesawat tersebut aman buat terbang. Saya Turut Berduka Sedalam-dalamnya atas insiden ini,semoga tidak ada lagi si burung besi yang gagal terbang di atas angkasa,aamiin.

yuk sekarang kenalin komponen dasar yang ada dipesawat terbang.

Di Atas adalah Bagian Luar dari pesawat ada Spoiler,Stabilizer,elevator dan sebagainya.

Inilah fungsinya Teman-Teman bagian luar itu

1.Badan pesawat ( Fuselage ) terdapat didalamnya ; ruang kemudi (Cockpit) dan ruang penumpang (Passenger).

2.Sayap (Wing), terdapat Aileron berfungsi untuk “Rolling” pesawat miring kiri – kanan dan Flap untuk menambah luas area sayap ( Coefficient Lift ) yang berguna untuk menambah gaya angkat pesawat.

3.Ekor sayap (Horizontal Stabilazer), terdapat Elevator berfungsi untuk “Pitching” nose UP – DOWN.

4.Sirip tegak (Vertical Stabilizer), terdapat Rudder berfungsi untuk “Yawing” belok kiri – kanan.

5.Mesin (Engine), berpungsi sebagai Thrust atau gaya dorong yang menghasilkan kecepatan pesawat.

6.Roda Pesawat ( Landing Gear ),berfungsi untuk mendarat/ landing atau tinggal landas / Take-off.

pada dasarnya apabila pesawat sedang terbang selalu menggabungkan fungsi-fungsi control diatas, spt contoh : bila pesawat belok kanan atau kiri , maka yang digerakkan Aileron dan Rudder, jadi sambil belok pesawat dimiringkan agar lintasan belok lebih pendek, yang dapat menghemat waktu dan menghemat pemakaian bahan bakar.

Nah,kita sudah mengenal bagian luar pesawat,...nah sekarang kita mengenal bagian dari Cock-Pit pada Pesawat

Disini kita bisa lihat teman-teman bagian dari Cock-Pit dari pesawat Boeing diantaranya ada:

1.Throttle fungsinya untuk mengatur kekuatan power kecepatan pesawat,dan juga mereverse kecepatan pesawat dan inilah yang dilakukan pilot ketika pesawat mendarat dengan kecepatan tinggi,karena throttle ini bisa membuat pesawat semakin cepat dan juga bisa memperlambatkan kecepatan pesawat.

2.Primary Flight Display atau PFD merupakan gabungan dari fungsi altimeter, attitude indicator, airspeed indicator, heading indicator, dan VSI. Selain itu, PFD juga dapat menampilkan status dari MCP apakah aktif atau tidak.

3.Control Wheel fungsinya mengontrol pesawat dari Menukik ketika melakukan takeoff dan landing, dan juga mengontrol pesawat ketika belok .FYI,Boeing Menggunakan setir yang dinamakan YOKE sedangkan AirBus menggunkan Side-stick yang berbentuk seperti joystick namun fungsinya sama dengan YOKE

4.Radar Display fungsinya meliat keadaan cuaca sekitar yang akan dilalui pesawat

5.Navigation controlers fungsinya memberi segala informasi yang diperlukan ketika pesawat sedang terbang guna mengarahkan pesawat menuju tempat tujuan yang telah ditentukan, dengan memperhatikan factor posisi, arah, kecepatan, dan waktu agar dapat sampai dengan selamat ditempat tujuan.

6.System Information Display atau SID fungsinya untuk melakukan dekonfliksi yang berpotensi lalu lintas yang bentrok dengan penggunaan Rute, Tingkat, Batasan Kecepatan dan Titik pemeriksaan tertentu

7.Altitude indicator fungsinya menunjukkan letak pesawat terhadap garis horison. Instrumen ini dapat memberi informasi ketinggian nose pesawat terhadap garis horison saat sedang mengudara sehingga dapat menghindari peristiwa stall akibat nose yang terlalu tinggi atau terlalu rendah. FYI,Statll adalah ketika pesawat kehilangan daya angkat dan berpotensi pesawat jatuh.

8.Radio Direction Finder funsinya alat untuk menemukan arah, atau bantalan, ke sumber radio.

9.Rudder/Pedal pengereman fungsinya untuk mengontrol gerakan yaw, tetapi memiliki efek samping gerakan roll. Kontrol rudder biasanya terhubung dengan sistem pembelok landing gear, sehingga biasa digunakan untuk kontrol saat di darat.FYI,Gerakan Yaw atau Yawing adalah Yawing merupakan gerakan menggeleng atau nose pesawat bergerak ke kanan dan ke kiri.

Nah,Teman-Teman jangan takut lagi naik pesawat,terbukti pesawat adalah kendaraan yang angka kecelakaannya sedikit,dan pesawat banyak sensor-sensornya dan ada alat bantu juga yang ada di pesawat sehingga bisa meminimalisirkan sesuatu insiden.

Sekian Informasi tentang Pesawat Teman-Teman,dan sampai jumpa.